contoh soal logika

by kangocid , at 5:18 pm , have 1 comment
 1.       Kalimat ingkaran dari kalimat
“semua orang berdiri ketika tamu agumg mamasuki ruangan”, adalah...
a.       Semua orang tidak berdiri ketika tamu agung memasuki ruangan
b.      Tidak ada orang yang berdiri ketika tamu agung memasuki ruangan
c.       Ada orang yan berdiri ketika tamu agung memasuki ruangan
d.      Ada orang yang tidak berdiri ketika tamu agung memasuki ruangan
e.      Tidak ada orang yang tidak berdiri ketika tamu agung memasuki ruangan
Jawab : d
Pembahasan:
ingkarannya adalah:”tidak semua orang berdiri ketika tamu agung memasuki ruangan.” Pernyataan ini identik dengan : “ada orang yang tidak berdiri ketika tamu agung memasuki ruangan.”
2.       Ingkaran pernyataan “semua murid menganggap matematika sukar”, ialah...
a.       Beberapa murid menganggap matematika sukar
b.      Semua murid menganggap matematika mudah
c.       Ada murid yang menganggap matematika tidak sukar
d.      Tidak seorangpun menganggap matematika sukar
e.      Ada murid tidak menganggap matematikla mudah.
Jawab : c
Pembahasan :
Ingkaran perrnyataan tersebut adalah :
“tidak semua murid menganggap matematika sukar”, atau identik dengan “ada murid yang menganggap matematika tidak sukar.”
3.       Ingkaran yang benar dari kalimat majemuk “saya lulus UAS dan saya senang”, adalah...
1.       Saya tidak lulus UAS atau saya tidak senang
2.       Saya tidak lulus UAS dan saya tidak senang
3.       Tidak benar bahwa saya lulus UAS dan saya senang
4.       Saya lulus UAS dan saya tidak senang
Jawab: b
Pembahasan:
Ingkaran p Ʌ q adalah ~(p Ʌ q) ≡ ~p V ~q.
Pernyataan yang benar adalah(1) dan (3).
4.       Pernyataan berikut yang ekivalen dengan ’’jika p benar maka q salah’’ adalah....
a.        P beanar atau q salah
b.      Jika q salah maka p benar
c.       Jika p salah maka q benar
d.      Jika q benar maka p salah
e.      Jika q benar maka p benar
Jawab: d
Pembahasan:
Implikasi p → q identik dengan kontraposisi ~q → ~p
Jadi “ jika p benar maka q salah” identik dengan”jika q benar maka p salah”.
5.       Perhatikan kalimat dibawah ini
“jika ia berusaha, maka ia berhasil” kontraposisinya adalah...
a.       Jika ia tidak berusaha, maka ia tidak berhasil
b.      Jika ia berhasil maka ia berhasil
c.       Jika ia tidak berhasil, maka ia tidak berusaha
d.      Ia tidak berusaha, tetapi ia berhasil
e.      Ia tidak berusaha, tetapi ia tidak berhasil
Jawab: c
Pembahasan:
Kontrapositif dari implikasi p → q adalah ~q → ~p
Jadi kontrapositif dari kalimat di atas adalah: “ jika ia tidak berhasil, maka ia tidak berusaha”.
contoh soal logika
contoh soal logika - written by kangocid , published at 5:18 pm, categorized as contoh soal . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 memahami matematika by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger